fbpx

Tips Memilih Scanner Barcode

Tips Memilih Scanner Barcode

Memilih barcode scanner yang tepat kadang menjadi masalah tersendiri bagi calon pengguna barcode. Banyaknya model, tipe serta brand di pasaran malah terkadang membuat kita hanya memperhatikan harga tanpa mempertimbangkan kebutuhan yang tepat.

Berikut hal yang perlu diperhatikan untuk memilih scanner barcode :

1. Scan Engine

Pastikan scanner yang Anda pilih dapat membaca barcode yang Anda butuhkan. Jika anda ingin membaca barcode 1D, Anda cukup memilih scanner 1D, namun jika Anda ingin membaca barcode QR, Data Matrix atau barcode 2D, maka Anda pun harus memilih scanner 2D.

Kelebihan dari scanner 2D adalah mampu membaca semua barcode, baik 1D dan 2D. Selain itu, scanner ini juga memiliki teknologi yang memungkinkan membaca barcode langsung dari layar smartphone.

Dulu orang sering memilih scanner 1D karena scanner 2D dirasa lebih mahal. Namun sekarang harga barcode 2D sudah mendekati, sama atau bahkan lebih murah dari scanner 1D.

2. Connectivity

Pastikan juga kebutuhan konektivitas scanner Anda, apakah menggunakan USB cable atau ingin yang wireless.

Wired atau dengan cable merupakan model yang umum digunakan untuk barcode scanner. Kelebihannya ada di harga yang jauh lebih murah dibanding model wireless. Kekurangannya adalah scanner model ini harus disambungkan ke computer / PC untuk dapat bekerja dengan jarak yang relatif dekat (1-1.5 meter).

Wireless model memiliki beberapa kelebihan, antara lain user dapat bebas bergerak hingga 10-20 meter dari base station. Namun kekurangannya selain mahal, model ini juga memerlukan perhatian khusus dalam penggunaan karena user tidak dapat melihat hasil scan secara langsung.

3. Ruggedness

Jika Anda akan menggunakan scanner ini untuk kebutuhan di toko, kantor, dsb maka cukup pilih scanner model standard seperti yang sering Anda lihat di supermarket.

Namun jika Anda akan menggunakan scanner ini di lini produksi, gudang atau tempat yang cukup ‘keras’ maka Anda dapat memilih versi industrial yang lebih kuat sehingga akan menjamin kegiatan operasional perusahaan Anda.

4. From Factor

Pastikan juga bentuk scanner sesuai dengan kebutuhan. Untuk penggunaan pada umumnya, model handheld atau presentation (duduk tanpa pegangan, seperti kiosk) dapat menjadi pilihan.

Namun jika Anda memerlukan scanner untuk industri, maka model Fixed Mount yang dapat dipasang di conveyor belt dapat menjadi pillihan yang lebih tepat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *