fbpx

Perbedaan NFC dan RFID

NFC VS RFID

RFID (Radio Frequency Identification) adalah teknologi penandaan yang mendapatkan perhatian luas karena banyaknya keuntungan yang ditawarkan dibandingkan dengan teknologi penandaan saat ini yang digunakan saat ini; seperti barcode. Near Field Communication, atau lebih dikenal sebagai NFC, adalah subset dari RFID yang membatasi jangkauan komunikasi hingga 10 sentimeter atau 4 inci.

RFID menggunakan gelombang frekuensi radio yang bersifat pasif, aktif, atau kombinasi keduanya. Tag RFID aktif memiliki sumber daya yang membantu memperluas jangkauannya lebih jauh sementara perangkat pasif bergantung pada energi yang diterimanya dari perangkat interogasi untuk mengirim informasi sendiri. Di antara kelebihan RFID adalah ukuran tag yang sangat kecil yang memungkinkan untuk digunakan dengan produk kecil atau disembunyikan dengan rapi. Keuntungan luar biasa lainnya adalah tidak perlu berhadapan langsung dengan informasi untuk dibaca. Ini sangat diinginkan dalam aplikasi pelacakan bagasi di mana kecepatan sangat penting.

Gelombang RF digunakan untuk mengirimkan informasi melintasi jarak yang sangat jauh, dan RFID tidak berbeda. Gelombang RF dapat mencapai jarak yang sangat panjang terutama saat dihidupkan. Kisaran semacam ini sangat diinginkan dalam aplikasi tertentu seperti pelacakan hewan di mana hewan yang dilacak mungkin bergerak beberapa kilometer. Tetapi kisaran jenis ini tidak diinginkan dalam aplikasi seperti kartu tunai atau paspor. Orang jahat dapat menerima informasi Anda dan mengkloningnya ke tag lain dan menggunakannya untuk diri mereka sendiri. Di sinilah NFC masuk.

Objek yang ditandai dengan NFC biasanya pasif karena tidak memerlukan rentang sebanyak itu. Beberapa bahkan telah menggunakan perisai untuk semakin mengurangi kemungkinan orang lain dapat membaca informasi tersebut. Perisai menjadi perlu ketika ditemukan bahwa bahkan tag tidak berdaya masih dapat dibaca lebih dari 10 meter dengan peralatan khusus. Saat ini, beberapa ponsel sedang dilengkapi dengan NFC sehingga mereka dapat digunakan sebagai semacam kartu tunai karena hampir semua orang membawa ponsel.

Ringkasan :

  1. NFC hanyalah perpanjangan dari teknologi RFID
  2. RFID mampu menerima dan mentransmisikan lebih dari beberapa meter sementara NFC dibatasi dalam jarak 4 inci
  3. RFID memiliki berbagai kegunaan sementara NFC biasanya digunakan dalam kasus-kasus di mana keamanan diperlukan
  4. Beberapa ponsel dilengkapi dengan NFC

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *