Pengertian dan Fungsi Barcode Scanner

Pengertian dan Fungsi Barcode Scanner

Alat bernama Barcode Scanner adalah perangkat elektronik yang sudah tidak asing lagi dalam dunia bisnis. Apalagi bagi petugas yang menerima sejumlah uang, yaitu kasir.

Penggunaan perangkat ini bagi para kasir sudah menjadi hal yang mutlak mesti dikuasai. Dapat mengoperasikan alat ini untuk memudahkan maupun mempercepat transaksi pembelian.

A. Pengertian

Suatu kode-kode huruf dan angka terdiri dari kombinasi garis atau bar dengan berbagai jarak disebut barcode. Hal itu sebagai salah satu cara untuk memasukkan data ke komputer.

Sebelumnya, saat kasir atau operator melakukan input penjualan secara manual menggunakan nama barang atau kode barang. Kehadiran barcode adalah tentu sangat membantu dalam pekerjaan.

Data deskriptif dari suatu barang tidak ada dalam barcode, namun terdapat enkripsi dari sejumlah digit angka. Jika kasir melakukan scan, maka kode secara otomatis akan terbaca dan langsung terhubung ke data barang.

Berisi data-data dari berbagai produk, antara lain nama vendor, harga, nama produk, dan data pendukung lain scanner barcode hasilnya. Mengenai hal ini komputer tidak secara langsung bisa membaca data dalam kode bar.

Oleh sebab itu, sebelumnya harus ada yang menangkap dan menerjemahkan kode ke format data supaya dapat terbaca komputer. Adapun alat yang bisa membaca dan mengirim ke komputer bernama Barcode Reader atau Scanner Barcode.

Terdiri dari Scanner, decoder, dan kabel untuk menyambungkan decoder dengan komputer merupakan perangkat Scanner Barcode.

B. Cara Kerja dan Fungsi

Sistem kerja scanner barcode yaitu mengambil, memindai simbol serta mengubah kode bar menjadi data elektrik dan mengirim ke komputer dengan format data sederhana.

Berbentuk gagang berisi laser berwarna merah adalah bentuk scanner barcode (barcode reader). Laser di alat ini untuk memindai barcode yang terdapat pada kemasan suatu barang.

Alat ini terdapat di minimarket atau toko lain untuk mengidentifikasi produk yang dijual dan proses jual beli jadi lebih mudah dan cepat.

Mempunyai fungsi untuk membaca kode dalam berbentuk garis-garis atau kotak-kotak tebal vertikal lalu diterjemahkan dalam bentuk angka-angka sebagai scanner barcode.

Terkait sebuah produk maupun berbagai barang yang sudah diberi label barcode menyimpan seluruh informasi Pada barcode mencantumkan informasi mengenai tanggal kadaluarsa produk, kode produksi, dan nomor identitas produk.

Di zaman sekarang, supermarket atau swalayan sudah memakai teknologi barcode dalam mengidentifikasi produk atau barang. Barcode scanner adalah garis-garis tebal dan tipis terdapat pada produk yang mesti diartikan.

Alasan menggunakan barcode agar lebih mudah dalam identifikasi kode. Pekerjaan para operator maupun kasir menjadi lebih gampang dan cepat selesai karena tidak harus menerjemahkan dengan membaca satu per satu arti setiap garis di produk.

Mempunyai sistem pencatatan informasi pasti yang dibuat dengan tingkat ketelitian dan akurasi tingkat tinggi dari perangkat Scanner Barcode. Sehingga, memudahkan dalam proses input data daripada cara konvensional atau manual.

Pada proses menginput data secara berulang tidak memerlukan banyak tenaga jika dibandingkan dengan cara tradisional atau lama. Dengan begitu, perangkat ini memang cocok untuk membantu penghitungan di toko.

Muhammad Rafi
Author: Muhammad Rafi

Seorang Web Desainer

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *