Cara Tepat Mengelola Barang

Cara Tepat Mengelola Barang

Seiring perkembangan teknologi, semakin memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan. Salah satu contoh dari perkembanan teknologi terkini adalah software kasir yang dapat membantu memudahkan dalam proses pengelolaan stok barang. Dengan bantuan program kasir maka semua data akan berada diprogram.

1. Buat dan Catat Daftar Stok

Buatlah list catatan nama barang yang ada di toko, lalu isikan semua data jumlah fisik barang ditoko. Dengan begitu ketika semua data sudah didapatkan hanya tinggal menginputkannya saja.

2. Buat Kode Pada Setiap Produk

Biasanya setiap barang atau produk sudah memiliki kode barcodenya, gunakan sebaik mungkin barcode yang tertera pada barcode produk sebagai kode dalam pengelolaan barang.

Jika barang tersebut homemade atau buatan sendiri, kalian harus membuat kode barcode sendiri dari sistem, lalu print kode barcode buatan sendiri tersebut ke sebuah label barcode.

3. Buat Perkiraan dan Jadwal Stok

Untuk melakukan pengelolaan barang kita harus tahu dulu perkiraan melakukan pengelolaan barang. Setelah melakukan perkiraan baru kita atur penjadwalan stok untuk setiap barang. Pastikan atur jadwal sesuai dengan keadaan ditoko agar tidak ada masalah stok nanti setelahnya.

4. Pisahkan Stok Lama dan Stok Baru

Memisahkan stok lama dan stok baru ini sangat penting, karena dari stok lama jika kondisi barang masih bagus dan layak jual maka harus segera jualkan barang tersebut ke pelanggan. Baru setelah stok lama habis selanjutnya menjual barang stok baru, hal itu dapat mengurangi kerugian penjualan.

5. Cek Barang Sebelum Menyimpan

Semua barang yang akan dimasukkan ke gudang wajib untuk dicek satu persatu terlebih dahulu. Baik dari kondisi, kualitas, dan lain lainnya. Hal itu agar jika barang tersebut laku nantinya tidak akan ada masalah lagi mengenai barang tersebut.

Muhammad Rafi
Author: Muhammad Rafi

Seorang Web Desainer

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *