Fungsi dan Jenis Barcode Scanner

Fungsi dan Jenis Barcode Scanner

A. Fungsi Barcode Scanner

Barcode scanner merupakan salah satu perlengkapan kasir yang digunakan dalam dunia bisnis sebagai alat untuk mendeteksi barcode pada sebuah barang. Fungsi dari barcode scanner adalah untuk melakukan scan barang yang telah dilengkapi kode batang agar lebih mudah dalam pelaporan data. Dengan menggunakan barcode scanner tentunya akan memudahkan dalam pendataan barang – barang yang terjual.

B. Jenis - Jenis Barcode Scanner

1. Laser Barcode Scanner

Tipe ini adalah tipe barcode scanner yang paling popular bila dibanding dengan tipe barcode scanner yang lain. Dalam melakukan pemindaian tipe barcode scanner ini membutuhkan jarak antara 6 hingga 24 inch dan ada pula yang berjarak sampai 2-8 cm.

2. Wireless Barcode Scanner

Jenis barcode scanner ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan industri dengan skala besar karena system kerjanya tanpa menggunakan kabel dan memiliki tingkat efisiensi yang sangat baik. Barcode scanner bertipe wireless memang banyak menjadi pilihan favorite untuk perusahaan industry berskala besar.

3. Decoder Barcode Scanner

Merupakan penerjemah untuk komputer, karena tipe ini mampu menerjemahkan informasi barcode kedalam bentuk format data yang dikenali dan mampu dibaca oleh computer. Barcode decoder diperlukan bila anda menggunakan barcode scanner yang jenisnya undecode scanner.

4. Manual Barcode Scanner

Barcode scanner manual single laser atau yang sering juga disebut barcode tembak merupakan jenis mesin scanner yang memiliki bentuk mirip seperti tembakan. Penggunaan barcode manual ini adalah dengan cara menekan trigger unuk membaca kode barcode.

Muhammad Rafi
Author: Muhammad Rafi

Seorang Web Desainer

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *