fbpx

Cash Register VS POS System

Pilih Mana? Cash Regiter atau POS System

Sebelum membahas mengenai Point of Sales System vs Cash Register, Anda wajib tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud keduanya.

Point of Sales System (POS) merupakan seperangkat sistem dalam komputer yang terdiri dari sistem operasi, hardware maupun software yang dirancang sesuai dengan kebutuhan dan dapat diintegrasikan dengan sejumlah alat pendukung untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi.

Sedangkan Cash Register atau yang biasa disebut mesin kasir adalah alat elektronik yang dirancang khusus untuk menghitung dan menyimpan setiap transaksi penjualan. Cash Register ini cukup mudah pengoperasiannya dan umumnya sering ditemui di toko sederhana dan rumah makan skala kecil yang tidak terlalu membutuhkan stok, hanya membutuhkan pencatatan cash flow saja.

Point of Sales System (POS) sering digunakan pada perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang dalam menunjang kegiatan usahanya. Perusahaan-perusahaan besar membutuhkan kontrol pada stock yang cepat dan akurat yang hanya bisa dilakukan dengan sebuah sistem, bukan dengan cara manual. Selain itu, perusahaan besar juga membutuhkan fasilitas cetak faktur dan nota yang berbeda-beda ukurannya, tidak selalu menggunakan struk kecil. Alasan selanjutnya adalah kebutuhan akan laporan hutang piutang dalam waktu beberapa hari bahkan beberapa bulan yang dapat dengan mudah disediakan oleh sebuah sistem.

Seiring kemajuan teknologi, sistem POS pun berkembang dari masa ke masa. Bahkan hingga saat ini, POS dapat menyediakan sistem penghitungan secara FIFO (First In First Out) dan LIFO (Last In First Out), dapat diintegrasikan dengan alat barcode, printer, scanner, laci tempat menyimpan uang dan peralatan lainnya. Sistem POS juga dapat dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan kita, hal inilah yang membuat sistem POS lebih disukai dan digunakan di usaha menengah hingga skala besar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *