MENU
FAST RESPONSE - INDONESIANBARCODE | 081225172388 (Billy) - 081357430863 (Karina) - 082225402760 ( Heri ) - 085234567715 ( Chandra ) Office 024-6582457
 
 
FAST RESPONSE - INDONESIANBARCODE | 081225172388 (Billy) - 081357430863 (Karina) - 082225402760 ( Heri ) - 085234567715 ( Chandra ) Office 024-6582457
 

BLOG

BLOG

Gelang Pasien Kebutuhan Rumah Sakit

Oleh : admin

Selama kita jenguk pasien ,apa kita pernah sadari orang yang kita jenguk menggunakan gelang pasien di pergelangan tangannya atau tidak ? bahwasannya ,kini gelang ini merupakan suatu simbolis dimana seorang pasien itu terjangkit alergi . dan gelang ini di sini begitu marak di kalangan rumah sakit yang terakreditasi guna menfasilitasi para pasien .

Penggunaan gelang pasien adalah implementasi sasaran I (kesatu) dan VI (keenam) dari  6 (enam) Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) sesuai yang dipersyaratkan dalam Akreditasi RS versi KARS 2012. Hal tersebut terutama dimaksudkan untuk dapat mengidentifikasi pasien yang dirawat inap di rumah sakit secara tepat pada saat dilakukannya pelayanan maupun pengobatan.

Pasien perlu diidentifikasi/ dikenali secara pasti ketika akan diberikan obat, darah atau produk darah,  pengambilan darah dan  specimen  lain  untuk pemeriksaan klinis atau mendapatkan tindakan medis lainnya, sehingga terhindar dari kesalahan yang mungkin dapat berakibat fatal bagi keselamatan pasien. Selain itu, gelang ini juga dipasang untuk menandai pasien-pasien yang memiliki resiko ataupun kondisi-kondisi tertentu sehingga petugas kesehatan yang menangani pasien tersebut dapat lebih waspada.

Ada 6 macam warna gelang pasien yang digunakan dan masing-masing warna memiliki fungsi identifikasi yang berbeda, yaitu:

  1. Biru Muda, gelang ini digunakan sebagai tanda identifikasi untuk pasien-pasien berjenis kelamin laki-laki;
  2. Merah Muda/ Pink, gelang ini digunakan sebagai tanda identifikasi untuk pasien-pasien berjenis kelamin perempuan;
  3. Kuning, gelang ini digunakan sebagai tanda identifikasi untuk pasien-pasien yang berisiko jatuh;
  4. Merah, gelang ini digunakan sebagai tanda identifikasi untuk pasien-pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap suatu jenis obat;
  5. Putih, gelang ini digunakan sebagai tanda identifikasi untuk pasien-pasien (biasanya bayi yang baru lahir)  yang tidak/ belum jelas jenis kelaminnya; dan
  6. Ungu, gelang ini digunakan sebagai tanda identifikasi untuk pasien-pasien dengan kategori ‘do not  resuscitate’ (DNR).

Meskipun gelang ini berfungsi sebagai tanda pengidentifikasi dan  ada bagian dimana dituliskan minimal 2 (dua) identitas pasien (seperti nama, tanggal lahir, nomor Rekam Medis atau yang lainnya berdasarkan kebijakan rumah sakit),  komunikasi petugas kesehatan dengan pasien tetap dilakukan.  Petugas kesehatan yang menangani pasien wajib melakukan identifikasi pasien dengan cara menanyakan data identitas pasien yang tertulis pada gelang tersebut dan kemudian pasien wajib menjawabnya dengan benar (kecuali pada pasien-pasien yang secara klinis sulit untuk berkomunikasi dengan baik). Jika pasien telah teridentifikasi dengan tepat barulah petugas kesehatan tersebut memberikan pelayanan baik berupa pemeriksaan fisik, pemberian obat, pengambilan specimen laboratorium, trasnfusi darah ataupun melakukan tindakan medis lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2014 IndonesianBarcode Semarang